Kamis, 05 Mei 2011

Konsentrasi adalah Cara Belajar Terbaik

Menangkap ilmu hanya sekali dengar atau baca.

Ini adalah rahasia saya, yaitu konsentrasi. Saya sebenarnya jarang belajar di rumah saat masih sekolah. Saya hanya membuka buku jika ada PR atau tugas. Jika tidak, saya merasa hasil belajar di sekolah sudah cukup dan terus hafal. Rahasianya adalah saat guru saya sedang menjelaskan, saya konsentrasi menyimak.

Konsentrasi meningkatkan daya ingat. Konsentrasi meningkatkan pemahaman. Sayangnya saya melihat banyak anak yang kehilangan konsentrasi saat belajar.

Saya pernah mengalami suatu kondisi dimana prestasi belajar saya terpuruk. Saat saya analisa, kesalahan saya saat itu adalah hilangnya konsentrasi. Saya coba mengembalikan konsentrasi dan keadaan pun berubah 180 derajat. Prestasi saya langsung menanjak kembali.

Anda maupun anak Anda perlu belajar konsentrasi. Ada banyak latihan yang bisa Anda lakukan untuk melatih konsentrasi Anda. Untuk melatih anak, ada baiknya dikonsultasikan dengan ahli kejiwaan anak. Namun untuk Anda sendiri, Anda bisa langsung melatih konsentrasi.

Konsentrasi itu pada dasarnya pikiran Anda tetap pada satu hal secara terus menerus. Nah Anda bisa melatih untuk melakukan hal ini, yaitu memfokuskan pikiran Anda pada suatu hal selama mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar