|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   I (   Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   10 x 35   Menit  |   
|     Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam   permainan sederhana dan olahraga serta   nilai-nilai yang terkandung didalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 1. 1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil   sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim,   sportivitas, dan kejujuran**)  |   |
|     Indikator:       ·           Melambungkan bola dengan berbagai arah dan   kecepatan ·           Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah   dan kecepatan ·           Menangkap bola dengan berbagai variasi arah   dan kecepatan ·           Memukul objek yang dilambungkan /dilemparkan   dari berbagai arah dan jarak. ·           Menjelaskan peraturan permainan kasti . ·           Bermain kasti dengan peraturan yang   dimodifikasi.    Bekerjasama dengan tim, bermain   sportifitas.  |   |
|     I.                Tujuan Pembelajaran:  ·           Siswa dapat melakukan dan memahami permainan kasti ·           Siswa dapat melakukan bermain kasti serta dapat   melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas. ·           Siswa dapat memahami strategi dalam bermain kasti  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Permainan bola kecil / kasti  |   |
|     II.              Metode Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
   
 Pertemuan 1 ·          Melakukan gerakan   melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan ·           Melambungkan bola dengan   berbagai arah dan kecepatan berpasangan atau perorangan ·           Melakukan  lempar tangkap dari berbagai arah dan   kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur   tanah dilakukan secara berpasangan Pertemuan  2 ·           Melakukan gerakan memukul   bola dengan hitungan ·                         Memukul bola yang di lambungkan  sendiri  ·                         Memukul bola yang   dilambungkan oleh orang lain Pertemuan 3 ·           Membagi kelompok yang   seimbang untuk persiapan main ·                         Bermain kasti dengan   peraturan yang dimodifikasi ·                         Menjelaskan dan mempraktekkan   peraturan main yang terdapat dalam permainan kasti  Pertemuan 4 dan 5 ·           Bermain kasti / pemantapan ·           Mendemonstrasikan tekhnik   kerjasama dan permainan yang sportivitas  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     V.             Alat   dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Diktat permainan bola kecil ·           Lapangan ·           Pemukul kasti ·           Bola kasti ·           Tiang hinggap ·           Scoring board/keset ·           Pluit ·           Kapur line/tali  |   |
|     VI.            Penilaian: A.   Tekhnik : ·   Non Tes B.   Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C.   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   6  ( Enam ) dan 7  ( Tujuh )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   4  x 35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam   permainan sederhana dan olahraga serta   nilai-nilai yang terkandung didalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 1.2 Mempraktikkan gerak dasar   atletik  sederhana, serta nilai   semangat, percaya diri dan disiplin**)  |   |
|     Indikator:       ·       Melakukan gerak an lari ditempat ·       Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah   dan kecepatan ·       Melakukan gerakan lari dengan berbagai jarak ·      Mengatur irama langkah dan pernapasan saat   lari  |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  ·           Siswa dapat melakukan dan memahami dasar-dasar atletik ·           Siswa dapat memahami cara melakukan lari dalam   pengaturan napas  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Dasar-dasar atletik / Lari  |   |
|     III.             Metode Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: Pertemuan 6 ·          Melakukan gerakan lari di   tempat, perlahan-lahan l, lalu cepat ·           Melakukan gerakan lari ke   berbagai arah dan kecepatan, berlari ke depan, berlari ke samping, berlari   mundur ·           Berlari dengan jarak-jarak   tertentu Pertemuan 7 ·           Mempraktekkan tekhnik berlari   dengan mengatur irama langkah dan pernapasan pada saat berlari dengan jarak   agak jauh di sesuaikan dengan kondisi anak  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     VII.           Alat   dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Lapangan ·           Pluit  |   |
|     VIII.       Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   8  (delapan ) sampai dengan 12  )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   10   x 35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam   permainan sederhana dan olahraga serta   nilai-nilai yang terkandung didalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 1.3  Mempraktikkan gerak dasar   permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta   nilai kerja  sama, sportivitas, dan   kejujuran**)  |   |
|     Indikator:       ·     Menendang bola dengan berbagai bagian kaki ·     Menggiring bola dengan control yang baik ·     Melakukan mengoper bola berpasangan/   berkelompok ·     Melakukan    variasi gerakan dasar  :   menggiring, mengoper, menendang berpasangan dengan control yang baik. ·     Menjelaskan peraturan permainan sepak bola ·     Bermain sepak bola dengan peraturan yang   dimodifikasi  ·     Bermain dengan kerjasama tim ,menjungjung   sportifitas.  |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  Siswa dapat melakukan dan memahami   permainan sepak bola  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Permainan bola besar / sepak bola  |   |
|     IV.            Metode Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: Pertemuan 8  ·          Melakukan gerakan menendang   bola  dengan kaki bagian dalam, bagian   luar, dengan ujung kaki, dan dengan kura-kura kaki dilakukan dengan berpasangan   / perorangan ·           Melakukan gerakan  menggiring bola berjalan, berlari perorangan   atau berpasangan Pertemuan 9 ·           Melakukan gerakan variasi   menggiring, mengontrol, dan menendang bola ke gawang berpasangan atau   perorangan ·           Menjelaskan dan mempraktekkan   peraturan yang terdapat dalanm permainan sepak bola Pertemuan 10 ·           Membagi kelompok menjadi   beberapa kelompok ·           Bermain sepak bola dengan   peraturan yang dimodifikasi disesuaikan dengan kondisi Pertemuan 11 dan 12 ·           Pemantapan tekhnik bermain ·           Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama   antar tim dan menjungjung tinggi sportivitas  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     IX.            Alat   dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Lapangan ·           Pluit ·           Bola sepak  ·           Gawang ·           Stop watch ·           Scoring board  |   |
|     X.             Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   13  (Tiga belas )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   2   x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi: 1.    Mempraktikkan   latihan  untuk meningkatkan kebugaran dan     nilai-nilai  yang terkandung di dalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 1. 1 Mempraktikkan aktivitas        permainan sederhana    untuk melatih  daya    tahan  dan   kekuatan otot, serta nilai   kerja     keras, dan disiplin   |   |
|     Indikator:       ·             Melakukan gerakan       berangkai / sirkuit training. ·           Melakukan gerakan lompat tali/skiping. ·     Melakukan gerakan menggendong teman yang   seimbang  |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  Siswa dapat melakukan bentuk   latihan kebugaran  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Latihan kebugaran  |   |
|     V.             Metode Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: ·           Membagi kelompok menjadi beberapa kelompok ·          Melakukan gerakan  latihan berangkai : melakukan gerakan jalan   kepiting, sit up, lari bolak balik, naik turun tangga, dan gerakan push up. ·          Melakukan lompat tali ·          Melakukan gerakan mengangkat   benda/teman yang seimbang dalam bentuk lomba  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     XI.            Alat   dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Lapangan ·           Pluit ·           Tali skiping ·           Stop watch  |   |
|     XII.           Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   14  (empat belas )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   2   x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi: 2.    Mempraktikkan   latihan  untuk meningkatkan kebugaran dan     nilai-nilai  yang terkandung di dalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 12 Mempraktikkan aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan   koordinasi, serta nilai kerja keras, dan disiplin  |   |
|     Indikator:       
 ·       |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  Siswa dapat melakukan latihan   kelenturan  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Latihan kelenturan  |   |
|     VI.            Metode Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: ·           Melakukan gerakan duduk selunjur cium luttut ·          Melakukan gerakan  duduk berpasangan berhadapan saling tarik   menarik. ·          Melakukan gerakan sikap   kayang ·          Melakukan gerakan kombinasi ·          Melakukan gerakan membungkuk   badan  dengan batas tali dalam bentuk   lomba  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     XIII.       Alat dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Lapangan ·           Pluit ·           Stop watch  |   |
|     XIV.      Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   15  (empat belas ) dan 16 ( enam belas )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   4    x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi:3  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam   lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 3. 1 Mempraktikkan kombinasi   gerak senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan  faktor keselamatan, dan nilai disiplin   serta keberanian   |   |
|     Indikator:       
 ·       |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  ·           Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat   dalam  senam lantai ·           Melatih keberanian dan percaya diri  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Senam lantai  |   |
|     III       Metode   Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: Pertemuan 15 ·           Melakukan gerakan berguling ke samping bergantian ·          Melakukan gerakan  berguling ke depan tanpa  awalan  ·          Melakukan gerakan berguling   dengan awalan  Pertemuan 16  ·           Melakukan gerakan kombinasi   /rangkaian senam lantai  berjalan,   berguling ke depan dan meloncat ke atas dilakukan secara bergantian/perorangan  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     V       Alat dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Matras ·           Lapangan ·           Pluit ·           Stop watch  |   |
|     VI      Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   17  (empat belas ) dan 18 ( enam belas )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   4    x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi:3  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam   lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 3. .2 Mempraktikkan kombinasi   gerak senam lantai dengan alat  dengan   memperhatikan  faktor keselamatan, dan   nilai disiplin serta keberanian  |   |
|     Indikator:       ·     Melakukan gerakan keseimbangan di atas meja   swedia/peti lompat ·     Melakukan gerakan loncat harimau/tiger sprong.  |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  ·           Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat   dalam  senam lantai ·           Melatih keberanian dan percaya diri  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Senam lantai dengan alt sederhana  |   |
|     III       Metode   Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: Pertemuan 17 ·           Melakukan gerakan keseimbangan  berdiri mengangkat satu kaki ke depan,   belakang dan        Kesamping di atas meja / bangku ·          Melakukan gerakan  mengangkat kaki  ke depan dengan gerakan jongkok berdiri   posisi kaki bergantian di atas bangku  Pertemuan 18  ·           Melakukan berguling ke depan  meloncati benda/ peti  / tiger sprong ·           Melakukan gerakan kombinasi   berjalan , berguling ke depan dan di akhiri dengan tiger sprong  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     V       Alat dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Matras ·           Lapangan ·           Pluit ·           Stop watch  |   |
|     VI      Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   19  (sembilan belas ) sampai dengan 21 (  dua puluh satu )  |   
|     Alokasi Waktu  |        :   6     x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi:    4. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu   tanpa dan dengan menggunakan musik dan    nilai-nilai yang terkandung didalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 4. 1  Mempraktikkan gerak ritmik   diorientasikan  pada arah, ruang dan   waktu secara beregu menggunakan musik,serta nilai estetika  |   |
|     Indikator:       
 ·       |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  ·           Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat   dalam  senam lkesegaran jasmani ·           Melatih keberanian dan percaya diri  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Senam  kesegaran   jasmani  |   |
|     III       Metode   Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: Pertemuan 19 ·           Melakukan gerakan rangkaian senam kesegaran jasmani dengan aba-aba hitungan bersamaan   atau dengan kelompok  Pertemuan 20  ·           Melakukan gerakan rangkaian   senam kesegaran jasmani dengan irama musik dan hitungan ·           Menyusun kelompok , menjadi   beberapa kelompok ·           Setiap kelompok untuk   melakukan latihan  gerakan senam   kesegaran jasmani Pertemuan 21 ·           Pemantapan pola gerak senam   kesegaran jasmani  dengan lancar ·           Mendemonstrasikan senam   kesegaran jasmani dari tiap kelompok   |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     V       Alat dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Diktat ·           Radio ·           Casete ·           Lapangan ·           Pluit ·           Stop watch  |   |
|     VI      Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   22  (dua puluh dua )   |   
|     Alokasi Waktu  |        :   2     x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi:    4. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu   tanpa dan dengan menggunakan musik dan    nilai-nilai yang terkandung didalamnya  |   |
|     Kompetensi Dasar: 42  Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik   terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai estetika  |   |
|     Indikator:       ·           Melakukan gerakan bebas berirama berkelompok ·           Melakukan gerakan melangkah dan mengayun   lengan beregu  |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  ·           Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik ·           Melatih keberanian dan percaya diri  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Senam  Ritmik  |   |
|     III       Metode   Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Praktek  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: ·           Melakukan gerakan berirama   dengan menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor ·           Melakukan gerakan melangkah   dan mengayun dengan ke berbagai arah mengikuti irama hitungan dan tepukan   |   |
|     C.        Kegiatan Akhir / Penenangan 
  |   |
|     V       Alat dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Diktat  |   |
|     VI      Penilaian: ATekhnik   : ·   Non Tes B Bentuk ·    Tes   Keterampilan/Perbuatan C   Instrumen ·   Soal Praktek  |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   23  (dua puluh tiga )   |   
|     Alokasi Waktu  |        :   2     x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi:  5    Menerapkan budaya hidup sehat  |   |
|     Kompetensi Dasar : 5. 1  Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan   sekolah  |   |
|     Indikator:       ·           Merapikan kamar tidur ·           Akibat lingkungan yang tidak sehat, cirri   cirinya ·         usaha   kesehatan sekolah ·        Melaksnakan menjaga kebersihan di rumah dan di   sekolah dalam kehidupan sehari hari.  |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  ·           Membiasakan menjaga kebersihan lingkungan ·           Siswa mampu melakukan cara-cara membersihkan lingkungan  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Kebersihan lingkungan sekolah dan rumah   |   |
|     III       Metode Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Demonstrasi ·                 Diskusi  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: ·           Menjelaskan  tanggung jawab kebersihan di rumah dan   sekolah ·           Menyebutkan tempat –tempat   yang harus di bersihkan  baik di rumah   maupun di sekolah ·           Menjelaskan akibat lingkungan   yang tidak sehat  ·           Menjelaskan ciri-ciri   lingkungan sehat dan  yang tidak sehat ·           Mejelaskan pengertian Usaha   Kesehatan Sekolah ·           Menjelaskan cara menjaga kebersihan   di sekolah dan di rumah  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir  
  |   |
|     V       Alat dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Diktat ·           Buku kesehatan  |   |
|     VI      Penilaian: ATekhnik   : ·    Tes B Bentuk ·    Tulisan C   Instrumen ·   Soal    Tulisan 1.    Yang bertanggung jawab kebersihan  di rumah    dan di sekolah adalah............. 2.     Coba   tuliskan tempat yang mana saja yang harus dibersihkan untuk menjaga   kebersihan ling kungan sekolah dan lingkungan rumah ! A. Lingkungan sekolah                                        B.   Lingkungan rumah 1.                                                                                                             1. 2.                                                                                                             2 3.                                                                                                             3 4.                                                                                                             4 5.                                                                                                             5 3.    Apa  akibatnya   bila lingkungan kita tidak sehat? 4.    Coba tuliskan ciri-ciri lingkungan yang  sehat dan  tidak sehat ! 5.      |   |
|     |        SEKOLAH DASAR   |        Semester  |   
|     RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN  |        I  |   |
|     Tahun Pelajaran   :   |   
|     Mata Pelajaran  |        :   Pendidikan   Jasmani Olahraga dan Kesehatan  |   
|     Kelas/Semester  |        : 4 ( Empat )/ I (Satu )  |   
|     Pertemuan ke  |        :   24  (dua puluh empat)   |   
|     Alokasi Waktu  |        :   2     x    35 Menit  |   
|     Standar Kompetensi:    5  Menerapkan budaya hidup sehat  |   |
|     Kompetensi Dasar : 52  Membiasakan membuang sampah pada tempatnya  |   |
|     Indikator:       ·       Menyebutkan nama  alat kebersihan ·       Menyebutkan klasifikasi jenis sampah ·       Menyebutkan akibat membuang sampah sembarangan Manfaat menjaga kebersihan rumah   dan sekolah   |   |
|     I      Tujuan   Pembelajaran:  ·           Membiasakan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari ·           Membiasakan membuang sampah pada tempatnya  |   |
|     II.         Materi Ajar (Materi Pokok): ·           Hidup sehat  |   |
|     III       Metode   Pembelajaran: ·                 Ceramah ·                 Tanya jawab ·                 Diskusi ·                 tugas  |   |
|     IV. Langkah-langkah   Pembelajaran  |        :  |   
|     A. Kegiatan Awal: 
  |   |
|     B Kegiatan Inti: ·           Menjelaskan  tanggung jawab kebersihan di rumah dan   sekolah ·           Menyebutkan alat-alat   kebersihan sesuai dengan fungsinya ·           Menjelaskan jenis-jenis   sampah beserta ciri cirinya ·           Menjelaskan Akibat dari   membuang sampah sembarangan ·           Mejelaskan manfaat menjaga   kebersihan baik di riumah maupun sekolah  |   |
|     C.        Kegiatan Akhir  
  |   |
|     V       Alat dan Sumber Belajar: ·           Buku Penjaskes kls. 4 ·           Diktat ·           Buku kesehatan  |   |
|     VI      Penilaian: ATekhnik   : ·    Tes B Bentuk ·    Tulisan C   Instrumen ·   Soal    Tulisan 1.                                                                                                                                     Coba   tuliskan 10 macam alat –alat untuk kebersihan ! 2.                                                                          Apa   akibatnya billa membuang sampah sembarangan bagi kesehatan ? 3.                                                                          Sampah   dapat dibagi menjadi berapa bagian ?  4.                                                                          Coba   sebutkan jenis jenis sampah tersebut ? 5.                                                                          Tuliskan   5 manfaat bila kita dapat menjaga kebersihan !  |   |
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
|     |        |   
ANALISIS KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran         : ……………………………………………..
Kelas / Semester       : …………………………………………….
Standar Kompetensi : …………………………………….....................................................................................................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
|     Kompetensi  Dasar  |        Indikator  |        Materi   Pokok  |       Alokasi Waktu |        Semester  |   |
|     1  |        2  |   ||||
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
Standar Kompetensi : …………………………………….....................................................................................................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
|     Kompetensi  Dasar  |        Indikator  |        Materi   Pokok  |       Alokasi Waktu |        Semester  |   |
|     1  |        2  |   ||||
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
Tidak ada komentar:
Posting Komentar