Minggu, 28 Agustus 2011

RPP PENJASKES KELAS 4 SEMESTER 1



SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :


Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   I ( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
Alokasi Waktu
:   10 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar: 1. 1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)

Indikator:     
·         Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan
·         Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·         Menangkap bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·         Memukul objek yang dilambungkan /dilemparkan dari berbagai arah dan jarak.
·         Menjelaskan peraturan permainan kasti .
·         Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi.
   Bekerjasama dengan tim, bermain sportifitas.
I.              Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan dan memahami permainan kasti
·         Siswa dapat melakukan bermain kasti serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·         Siswa dapat memahami strategi dalam bermain kasti
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan bola kecil / kasti
II.            Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  1. Kegiatan Inti:
Pertemuan 1
·        Melakukan gerakan melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan
·         Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan berpasangan atau perorangan
·         Melakukan  lempar tangkap dari berbagai arah dan kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur tanah dilakukan secara berpasangan
Pertemuan  2
·         Melakukan gerakan memukul bola dengan hitungan
·                       Memukul bola yang di lambungkan  sendiri
·                       Memukul bola yang dilambungkan oleh orang lain
Pertemuan 3
·         Membagi kelompok yang seimbang untuk persiapan main
·                       Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi
·                       Menjelaskan dan mempraktekkan peraturan main yang terdapat dalam permainan kasti
Pertemuan 4 dan 5
·         Bermain kasti / pemantapan
·         Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas


C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan kasti
V.           Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Diktat permainan bola kecil
·         Lapangan
·         Pemukul kasti
·         Bola kasti
·         Tiang hinggap
·         Scoring board/keset
·         Pluit
·         Kapur line/tali
VI.          Penilaian:
A.   Tekhnik :
·   Non Tes
B.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C.   Instrumen
·   Soal Praktek



































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   6  ( Enam ) dan 7  ( Tujuh )
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar: 1.2 Mempraktikkan gerak dasar atletik  sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin**)
Indikator:     
·     Melakukan gerak an lari ditempat
·     Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan kecepatan
·     Melakukan gerakan lari dengan berbagai jarak
·    Mengatur irama langkah dan pernapasan saat lari
I      Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan dan memahami dasar-dasar atletik
·         Siswa dapat memahami cara melakukan lari dalam pengaturan napas
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Dasar-dasar atletik / Lari
III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
Pertemuan 6
·        Melakukan gerakan lari di tempat, perlahan-lahan l, lalu cepat
·         Melakukan gerakan lari ke berbagai arah dan kecepatan, berlari ke depan, berlari ke samping, berlari mundur
·         Berlari dengan jarak-jarak tertentu
Pertemuan 7
·         Mempraktekkan tekhnik berlari dengan mengatur irama langkah dan pernapasan pada saat berlari dengan jarak agak jauh di sesuaikan dengan kondisi anak

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam Atletik/ lari
VII.         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Lapangan
·         Pluit

VIII.       Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek


























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   8  (delapan ) sampai dengan 12  )
Alokasi Waktu
:   10   x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar: 1.3  Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja  sama, sportivitas, dan kejujuran**)

Indikator:     
·   Menendang bola dengan berbagai bagian kaki
·   Menggiring bola dengan control yang baik
·   Melakukan mengoper bola berpasangan/ berkelompok
·   Melakukan  variasi gerakan dasar  : menggiring, mengoper, menendang berpasangan dengan control yang baik.
·   Menjelaskan peraturan permainan sepak bola
·   Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Bermain dengan kerjasama tim ,menjungjung sportifitas.
I      Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat melakukan dan memahami permainan sepak bola
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan bola besar / sepak bola
IV.          Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
Pertemuan 8
·        Melakukan gerakan menendang bola  dengan kaki bagian dalam, bagian luar, dengan ujung kaki, dan dengan kura-kura kaki dilakukan dengan berpasangan / perorangan
·         Melakukan gerakan  menggiring bola berjalan, berlari perorangan atau berpasangan

Pertemuan 9
·         Melakukan gerakan variasi menggiring, mengontrol, dan menendang bola ke gawang berpasangan atau perorangan
·         Menjelaskan dan mempraktekkan peraturan yang terdapat dalanm permainan sepak bola
Pertemuan 10
·         Membagi kelompok menjadi beberapa kelompok
·         Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi disesuaikan dengan kondisi
Pertemuan 11 dan 12
·         Pemantapan tekhnik bermain
·         Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama antar tim dan menjungjung tinggi sportivitas

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan sepak bola
IX.          Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Lapangan
·         Pluit
·         Bola sepak
·         Gawang
·         Stop watch
·         Scoring board

X.           Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek
























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   13  (Tiga belas )
Alokasi Waktu
:   2   x  35 Menit


Standar Kompetensi: 1.  Mempraktikkan   latihan  untuk meningkatkan kebugaran dan     nilai-nilai  yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1. 1 Mempraktikkan aktivitas        permainan sederhana    untuk melatih  daya  tahan  dan   kekuatan otot, serta nilai   kerja   keras, dan disiplin
Indikator:     
·           Melakukan gerakan
      berangkai / sirkuit training.
·         Melakukan gerakan lompat tali/skiping.
·   Melakukan gerakan menggendong teman yang seimbang
I      Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat melakukan bentuk latihan kebugaran
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Latihan kebugaran
V.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
·         Membagi kelompok menjadi beberapa kelompok
·        Melakukan gerakan  latihan berangkai : melakukan gerakan jalan kepiting, sit up, lari bolak balik, naik turun tangga, dan gerakan push up.
·        Melakukan lompat tali
·        Melakukan gerakan mengangkat benda/teman yang seimbang dalam bentuk lomba

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan
XI.          Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Lapangan
·         Pluit
·         Tali skiping
·         Stop watch


XII.         Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek






























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   14  (empat belas )
Alokasi Waktu
:   2   x  35 Menit


Standar Kompetensi: 2.  Mempraktikkan   latihan  untuk meningkatkan kebugaran dan     nilai-nilai  yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 12 Mempraktikkan aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras, dan disiplin

Indikator:     
  • Melakukan gerakan latihan kelenturan. Otot-otot besar
  • Melakukan gerakan koordinasi anggota badan bagian atas dengan bawah yang terkontrol
·    
I      Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat melakukan latihan kelenturan
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Latihan kelenturan
VI.          Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
·         Melakukan gerakan duduk selunjur cium luttut
·        Melakukan gerakan  duduk berpasangan berhadapan saling tarik menarik.
·        Melakukan gerakan sikap kayang
·        Melakukan gerakan kombinasi
·        Melakukan gerakan membungkuk badan  dengan batas tali dalam bentuk lomba

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan
XIII.       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Lapangan
·         Pluit
·         Stop watch

XIV.      Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek























































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   15  (empat belas ) dan 16 ( enam belas )
Alokasi Waktu
:   4    x  35 Menit


Standar Kompetensi:3  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 3. 1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan  faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
Indikator:     
  • Melakukan gerakan berguling ke samping
  • Melakukan gerakan berguling kedepan
  • Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan dan dengan awalan
  • Melakukan kombinasi gerakan  : berjalan , berguling ke depan,dan  meloncat keatas
·    
I      Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat dalam  senam lantai
·         Melatih keberanian dan percaya diri
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam lantai
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
Pertemuan 15
·         Melakukan gerakan berguling ke samping bergantian
·        Melakukan gerakan  berguling ke depan tanpa  awalan
·        Melakukan gerakan berguling dengan awalan
Pertemuan 16
·         Melakukan gerakan kombinasi /rangkaian senam lantai  berjalan, berguling ke depan dan meloncat ke atas dilakukan secara bergantian/perorangan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan
V       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Matras
·         Lapangan
·         Pluit
·         Stop watch


VI      Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek

















































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   17  (empat belas ) dan 18 ( enam belas )
Alokasi Waktu
:   4    x  35 Menit


Standar Kompetensi:3  Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 3. .2 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dengan alat  dengan memperhatikan  faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
Indikator:     
·   Melakukan gerakan keseimbangan di atas meja swedia/peti lompat
·   Melakukan gerakan loncat harimau/tiger sprong.
I      Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat dalam  senam lantai
·         Melatih keberanian dan percaya diri
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam lantai dengan alt sederhana
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
Pertemuan 17
·         Melakukan gerakan keseimbangan  berdiri mengangkat satu kaki ke depan, belakang dan
       Kesamping di atas meja / bangku
·        Melakukan gerakan  mengangkat kaki  ke depan dengan gerakan jongkok berdiri posisi kaki bergantian di atas bangku
Pertemuan 18
·         Melakukan berguling ke depan  meloncati benda/ peti  / tiger sprong
·         Melakukan gerakan kombinasi berjalan , berguling ke depan dan di akhiri dengan tiger sprong

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan
V       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Matras
·         Lapangan
·         Pluit
·         Stop watch


VI      Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek






























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   19  (sembilan belas ) sampai dengan 21 (  dua puluh satu )
Alokasi Waktu
:   6     x  35 Menit


Standar Kompetensi:  4. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar: 4. 1  Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan  pada arah, ruang dan waktu secara beregu menggunakan musik,serta nilai estetika
Indikator:     
  • Melakukan rangkaian senam kesegaran jasmani
  • Melakukan pola gerak senam dengan benar
·    
I      Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan yang terdapat dalam  senam lkesegaran jasmani
·         Melatih keberanian dan percaya diri
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam  kesegaran jasmani
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
Pertemuan 19
·         Melakukan gerakan rangkaian senam kesegaran jasmani dengan aba-aba hitungan bersamaan atau dengan kelompok
Pertemuan 20
·         Melakukan gerakan rangkaian senam kesegaran jasmani dengan irama musik dan hitungan
·         Menyusun kelompok , menjadi beberapa kelompok
·         Setiap kelompok untuk melakukan latihan  gerakan senam kesegaran jasmani
Pertemuan 21
·         Pemantapan pola gerak senam kesegaran jasmani  dengan lancar
·         Mendemonstrasikan senam kesegaran jasmani dari tiap kelompok
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan senam kesegaran jasmani
V       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Diktat
·         Radio
·         Casete
·         Lapangan
·         Pluit
·         Stop watch


VI      Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek
















































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   22  (dua puluh dua )
Alokasi Waktu
:   2     x  35 Menit


Standar Kompetensi:  4. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar: 42  Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai estetika
Indikator:     
·         Melakukan gerakan bebas berirama berkelompok
·         Melakukan gerakan melangkah dan mengayun lengan beregu

I      Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik
·         Melatih keberanian dan percaya diri
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam  Ritmik
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B Kegiatan Inti:
·         Melakukan gerakan berirama dengan menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor
·         Melakukan gerakan melangkah dan mengayun dengan ke berbagai arah mengikuti irama hitungan dan tepukan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan senam ritmik
V       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Diktat



VI      Penilaian:
ATekhnik :
·   Non Tes
B Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C Instrumen
·   Soal Praktek

























































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   23  (dua puluh tiga )
Alokasi Waktu
:   2     x  35 Menit


Standar Kompetensi:  5  Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar : 5. 1  Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekolah

Indikator:     
·         Merapikan kamar tidur
·         Akibat lingkungan yang tidak sehat, cirri cirinya
·       usaha kesehatan sekolah
·      Melaksnakan menjaga kebersihan di rumah dan di sekolah dalam kehidupan sehari hari.


I      Tujuan Pembelajaran:
·         Membiasakan menjaga kebersihan lingkungan
·         Siswa mampu melakukan cara-cara membersihkan lingkungan
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Kebersihan lingkungan sekolah dan rumah
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Tanya jawab tentang kebersihan lingkungan
B Kegiatan Inti:
·         Menjelaskan  tanggung jawab kebersihan di rumah dan sekolah
·         Menyebutkan tempat –tempat yang harus di bersihkan  baik di rumah maupun di sekolah
·         Menjelaskan akibat lingkungan yang tidak sehat
·         Menjelaskan ciri-ciri lingkungan sehat dan  yang tidak sehat
·         Mejelaskan pengertian Usaha Kesehatan Sekolah
·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan di sekolah dan di rumah

C.        Kegiatan Akhir
  • Siswa mengerjakan soal-soal
  • Memberikan penguatan materi yang telah di ajarkan kepada siswa
V       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Diktat
·         Buku kesehatan



VI      Penilaian:
ATekhnik :
·    Tes
B Bentuk
·    Tulisan
C Instrumen
·   Soal  Tulisan





1.    Yang bertanggung jawab kebersihan  di rumah  dan di sekolah adalah.............
2.     Coba tuliskan tempat yang mana saja yang harus dibersihkan untuk menjaga kebersihan ling kungan sekolah dan lingkungan rumah !
A. Lingkungan sekolah                                        B. Lingkungan rumah

1.                                                                                                           1.
2.                                                                                                           2
3.                                                                                                           3
4.                                                                                                           4
5.                                                                                                           5
3.    Apa  akibatnya bila lingkungan kita tidak sehat?
4.    Coba tuliskan ciri-ciri lingkungan yang  sehat dan  tidak sehat !
5.     


































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran :

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   24  (dua puluh empat)
Alokasi Waktu
:   2     x  35 Menit


Standar Kompetensi:  5  Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar : 52  Membiasakan membuang sampah pada tempatnya

Indikator:     
·     Menyebutkan nama  alat kebersihan
·     Menyebutkan klasifikasi jenis sampah
·     Menyebutkan akibat membuang sampah sembarangan
Manfaat menjaga kebersihan rumah dan sekolah
I      Tujuan Pembelajaran:
·         Membiasakan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
·         Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Hidup sehat
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Tanya jawab
·               Diskusi
·               tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Tanya jawab tenttang hidup sehat
B Kegiatan Inti:
·         Menjelaskan  tanggung jawab kebersihan di rumah dan sekolah
·         Menyebutkan alat-alat kebersihan sesuai dengan fungsinya
·         Menjelaskan jenis-jenis sampah beserta ciri cirinya
·         Menjelaskan Akibat dari membuang sampah sembarangan
·         Mejelaskan manfaat menjaga kebersihan baik di riumah maupun sekolah
C.        Kegiatan Akhir
  • Siswa mengerjakan soal-soal
  • Memberikan penguatan materi yang telah di ajarkan kepada siswa
V       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 4
·         Diktat
·         Buku kesehatan



VI      Penilaian:
ATekhnik :
·    Tes
B Bentuk
·    Tulisan
C Instrumen
·   Soal  Tulisan





1.                                                                                                                                   Coba tuliskan 10 macam alat –alat untuk kebersihan !
2.                                                                        Apa akibatnya billa membuang sampah sembarangan bagi kesehatan ?
3.                                                                        Sampah dapat dibagi menjadi berapa bagian ?
4.                                                                        Coba sebutkan jenis jenis sampah tersebut ?
5.                                                                        Tuliskan 5 manfaat bila kita dapat menjaga kebersihan !






























































































 

ANALISIS KOMPETENSI DASAR


Mata Pelajaran         : ……………………………………………..
Kelas / Semester       : …………………………………………….

Standar Kompetensi : …………………………………….....................................................................................................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi Pokok

Alokasi Waktu

Semester
1
2






















































































































































Standar Kompetensi : …………………………………….....................................................................................................
…………………………………………………………………………………………………………………………………………

Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi Pokok

Alokasi Waktu

Semester
1
2



























































































































































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar